Sunday, June 24, 2012

Esai


Esai yang lebih panjang dapat juga mengandung halaman pendahuluan dimana kata dan frasa dari judul didefinisikan dengan jelas. Sebagian besar lembaga akademis akan mensyaratkan kalau semua fakta penting, kutipan, dan bahan lain digunakan dalam esai direferensi dalam daftar pustaka atau bahan rujukan di ujung tulisan. Kesepakatan sarjana memungkinkan orang lain (apakah guru atau rekan sarjana) untuk memahami basis fakta dan kutipan yang dipakai untuk mendukung argumentasi esai, dan karenanya membantu mengevaluasi seberapa luas argumen didukung oleh bukti, dan mengevaluasi kualitas bukti. Esai akademis menguji kemampuan mahasiswa menyajikan pemikiran mereka dalam cara yang terorganisir dan dirancang untuk menguji kemampuan intelektual mereka.
Satu panduan esai dari sebuah Universitas di AS membedakan antara paper penelitian dan paper diskusi. Panduan tersebut mengatakan kalau sebuah “paper penelitian ditujukan untuk mengungkapkan sejumlah besar sumber pada topik tertentu”. Karena itu, paper penelitian “cenderung lebih panjang dan lebih inklusif dalam ruang lingkup dan jumlah informasi yang ditangani.” Sementara paper diskusi “juga mencakup penelitian, … mereka cenderung lebih singkat dan lebih selektif dalam pendekatannya … dan lebih analitis dan kritis”. Sementara sebuah paper penelitian akan mengutip “sejumlah besar sumber”, sebuah paper diskusi bertujuan mengintegrasi bahan dalam gaya yang lebih luas.
Salah satu tantangan yang dihadapi universitas di masa kini adalah dalam beberapa kasus, mahasiswa sering mengajukan esai yang ternyata merupakan hasil copy-paste dari artikel yang tersedia di internet. Hal ini merupakan bentuk plagiarisme yaitu sehingga universitas sebelum memberi nilai akan memeriksa adanya tulisan sejenis di internet dengan software khusus atau memeriksa mahasiswa secara oral mengenai isi makalah mereka.
Jasa penulisan skripsi dan esai kami seratus persen anti plagiarisme. Kami menulis dari nol dan tidak copy-paste dari sumber manapun. Anda yang memesan diharapkan mempelajari dan membaca secara menyeluruh, menanyakan pada kami apa yang kurang anda mengerti dan bila perlu, menulis ulang sehingga benar-benar memahami esai yang anda pesan. Dengan cara ini, bukan hanya anda akan mendapatkan nilai yang tinggi, namun juga menguasai bahan dengan jauh lebih baik dari seandainya anda yang membuat sendiri.
Jasa penulisan skripsi dan esai kami ditulis oleh pengarang yang sangat berpengalaman dalam berbagai bidang ilmu. Kami telah memiliki klien dari berbagai universitas dalam dan luar negeri. Untuk pemesanan, hubungi pakarskripsi@yahoo.com
Referensi
Simon Fraser University CNS Essay Handbook

Friday, June 22, 2012

Bab Pendahuluan


Bab pendahuluan skripsi anda menceritakan banyak hal mengenai anda dan skripsi anda. Ia harus ditulis sedemikian hingga menciptakan minat dalam pikiran pembaca. Walau begitu, sulit menulis bab pendahuluan yang bercerita mengenai potensi anda sepenuhnya. Namun walaupun itu pendahuluan skripsi anda, ia adalah isi kunci proses menulis anda dan harus dibingkai sedemikian hingga menciptakan minat dalam pikiran pembaca untuk membaca keseluruhan skripsi.
Berikut beberapa tips (dalam bentuk pertanyaan) yang dapat membantu anda menulis bab pendahuluan skripsi anda sebaik mungkin.
Apa itu bab pendahuluan skripsi dan apa isinya?
Bab pertama dari setiap skripsi dimulai dengan pendahuluan. Bab pendahuluan memberikan rangkuman singkat seluruh skripsi dan membangun panggung untuk halaman-halaman selanjutnya. Untuk menulis bab pendahuluan skripsi yang bagus, Pertama, anda tidak boleh memikirkan detailnya. Ia harus langsung ke sasaran, menyeluruh, dan singkat. Kedua, anda harus mendaftarkan penelitian dan temuan penelitian anda secara kronologis, dimana penelitian dan temuan yang diperoleh pertama harus berada di awal tulisan dan seterusnya. Ketiga, anda harus memberikan penjelasan singkat dari semua penelitian dan temuan anda sehingga menciptakan minat dalam pikiran pembaca dan memberi jalan bagi halaman selanjutnya.
Isi Bab Pendahuluan Skripsi
Bab pendahuluan skripsi anda harus mencakup isi sebagai berikut:
·         Masalah penelitian
·         Cara memecahkan masalah penelitian
·         Manfaat hasil penelitian anda
·         Deskripsi seluruh bab skripsi anda
Bila anda masih menghadapi masalah dalam menulis bab pendahuluan anda, kami siap memecahkan masalah anda. Kami juga menulis bab pendahuluan yang akan membuat skripsi anda unik dan meningkatkan kepribadian anda di depan para dosen dan sesama mahasiswa. Kami memiliki penulis setaraf doktor dengan pengalaman luas dalam menulis bab pendahuluan. Selain itu kami memberikan layanan 24 jam sehari 7 hari seminggu untuk pelanggan kami demi kepuasan mereka. Kami menjamin kalau penulisan yang kami buat adalah orisinil dan memberikan hasil maksimum bagi anda dari masukan yang kami sediakan. Percaya pada kami dan kami akan mendukung kesuksesan anda.


Wednesday, June 20, 2012

Esai


Kata esai diturunkan dari bahasa Perancis essayer yaitu “mencoba” atau “berusaha”. Dalam bahasa Inggris, essay pertama kali berarti “sebuah usaha”, dan ini masih menjadi sebuah makna alternatifnya. Michel de Montaigne (1533–1592) adalah pengarang pertama yang menyatakan karyanya sebagai esai; ia memakai istilah ini sebagai tanda kalau ia “berusaha” menuangkan pikirannya dalam tulisan, dan esainya tumbuh dari pemikirannya sendiri. Di inspirasi oleh karya Plutarch, yaitu sebuah terjemahan Oeuvres Morales (Moral works) menjadi bahasa Perancis dan diterbitkan oleh Jacques Amyot, Montaigne mulai menulis esai-esainya tahun 1572; edisi pertama, berjudul Essais, diterbitkan dalam dua volume tahun 1580. Untuk sisa hidupnya, ia terus merevisi esai yang sudah diterbitkannya dan menyusun yang baru. Esai Francis Bacon, diterbitkan dalam bentuk buku tahun 1597, 1612, dan 1625, adalah karya pertama dalam bahasa Inggris yang pertama menyebut dirinya esai. Ben Jonson pertama memakai kata esais dalam bahasa Inggris tahun 1609, menurut Kamus Oxford.
Esais Inggris mencakup Robert Burton (1577-1640) dan Sir Thomas Browne (1605-1682). Di Italia, Baldassare Castiglione menulis mengenai masalah perkawinan dalam esainya Il libro del cortegiano. Di abad ke-17, Baltasar Gracian menulis tema kebijaksanaan. Pada zaman pencerahan, esai menjadi alat para polemikawan yang ingin meyakinkan pembaca mengenai posisi mereka; mereka juga ditampilkan dalam kebangkitan sastra periodik, seperti dalam karya Joseph Addison, Richard Steele, dan Samuel Johnson. Pada abad ke 18 dan 19, Edmund Burke dan Samuel Taylor Coleridge menulis esai untuk masyarakat umum. Awal abad ke 19 muncul gerakan dalam seni dan budaya menggunakan esai (misalnya TS Eliot). Sementara sebagian esais menggunakan esai untuk tema-tema politik, Robert Louis Stevenson dan Willa Cather menulis esai yang lebih ringan. Virginia Woolf, Edmund Wilson, dan Charles du Bos menulis esai kritik sastra.
Seperti dengan novel, esai ada di Jepang beberapa abad sebelum dikembangkan di Eropa, dengan genre esai yang disebut zuihitsu – yaitu esai yang berhubungan tidak erat dan gagasan-gagasan terpotong – yang ada sejak hampir awal sastra Jepang. Banyak karyaw paling terkenal sastra Jepang termasuk genre ini. Contoh terkenal antara lain The Pillow Book (c. 1000) oleh hakim Sei Shonagon, dan Tsurezuregusa (1330) oleh pendeta Buddha Yoshida Kenko. Kenko menyatakan tulisan pendeknya sama dengan Montaigne dengan merujuknya sebagai “pikiran yang tidak masuk akal” ditulis dalam “jam-jam kurang pekerjaan”. Perbedaan lain dari Eropa adalah kalau wanita secara tradisional menulis di Jepang, walaupun tulisan yang lebih resmi dan dipengaruhi China dari penulis pria lebih dihargai saat itu.
Di negara seperti Amerika Serikat, esai telah menjadi bagian utama pendidikan formal. Pelajar sekolah menengah di negara-negara ini diajarkan format esai terstruktur untuk meningkatkan kemampuan menulis mereka, dan esai sering dipakai oleh universitas di negara ini dalam memilih mahasiswa. Di pendidikan menengah dan tinggi, esai digunakan untuk menilai pemahaman dan penguasaan atas bahan. Mahasiswa diminta menjelaskan, berkomentar, atau menilai sebuah topik studi dalam bentuk esai. Dalam beberapa mata kuliah, mahasiswa sering diminta menulis satu atau lebih esai yang disiapkan selama beberapa minggu atau bulan. Selain itu, dalam bidang seperti humaniora dan ilmu sosial, ujian tengah semester dan ujian akhir sering meminta mahasiswa menulis esai pendek dalam dua atau tiga jam.
Di negara-negara ini, esai akademis, yang dapat disebut juga “paper”, biasanya lebih formal daripada jenis sastra. Ia masih mengizinkan presentasi sudut pandang penulis sendiri, namun dilakukan secara logis dan faktual, dengan memakai perspektif orang pertama. Esai akademis yang lebih panjang (Sering dengan batas kata 2 ribu hingga 5 ribu kata) sering lebih diskursif. Ia kadang dimulai dengan analisis rangkuman singkat atas apa yang sudah ditulis mengenai sebuah topik, yang sering disebut sebagai tinjauan pustaka.
Sumber: wikipedia
Bacaan lanjut:

Tuesday, June 19, 2012

Contoh Topik Skripsi Fisiologi, Endokrinologi, dan Metabolisme


1.      Mekanisme kontrol translasional dalam regulasi metabolik: peran kritis protein pembangun RNA, RNA mikro, dan granula RNA sitoplasmik
2.      Integrasi sinyal pada level saluran ion dan fungsi eksositotik dalam sel-sel beta pankreas
3.      Sekresi insulin fase kedua
4.      Fungsi Cool-l/beta PIX sebagai faktor pertukaran nukleotida guanin dalam siklus Cdc42 untuk mengatur sekresi insulin
5.      Angiotensin II pusat dengan tindakan katabolik pada jaringan adiposa putih dan coklat
6.      Varian splice alternatif PGC-l alpha-b diinduksi kuat dengan pelatihan otot rangka manusia
7.      Aspirin mengurangi hipertrigliseridemia dengan menurunkan produksi trigliserida VLDL pada tikus yang diberi makan lemak tinggi
8.      Reseptor andrenergik beta 1 meningkatkan UCP1 pada adiposit coklat MADS manusia dan menyelamatkan tikus yang dihilangkan reseptor adrenergik beta tiga aklimasi dingin lewat termogenesis
9.      Gangguan dalam pensinyalan Nrf2 mengandung mekanisme untuk hipersensitivitas stress seluler dalam model tikus genetik diabetes tipe 2
10.  Leukemia promyelositik menghambat adipogenesis, dan kehilangan leukemia promyelositik menghasilkan akumulasi lemak pada tikus
11.  Adiponektin globular menentang adesi monosit termediasi VCAM-1 lewat pensinyalan AdipoR1/NF-kappaB/Cox-2 pada sel endotelial aortik manusia
12.  Dampak peningkatan laju sintesis glikogen otot pada laju pembalikan ATP otot rangka pada diabetes tipe 2
13.  Osilasi dalam keselarasan sendi hormon reproduksi pada pria sehat
14.  Hiperglucagonemia mendahului penurunan sekresi insulin dan menyebabkan hiperglikemia dalam tikus yang diinfus glukosa secara kronis
15.  Infus asam linoleik jejunal membutuhkan pensinyalan GLP-1 untuk menghambat asupan makanan: implikasi bagi efektivitas bypass gastrik Roux-en-Y
16.  Gangguan kondisional gen IGF-I pada sel pengekspresi kolagen tipe 1-alpha menunjukkan peran mendasar IGF-I pada respon anabolis rangka pada beban
17.  Diet sukrosa tinggi meningkatkan pembangkitan ROS, akumulasi FFA, tingkat UCP2, dan kebocoran proton dalam mitokondria hati
18.  Faktor pertumbuhan mirip insulin sebagai perangsang baru sekresi dan sintesis somatolaktin pada sel pituitari karp via aktivasi kaskade MAPK
19.  Regenerasi tulang ditunda dan massa tulang rendah pada model tikus diabetes mellitus tipe 2 resisten insulin karena fungsi osteoblast yang gagal
20.  Konsentrasi androgen adrenal meningkat saat bayi pada monyet resus jantan (Macaca mulatta)
21.  Suplementasi leusin atau karbohidrat mengurangi AMPK dan fosforilasi eEF2 dan memperluas sintesis protein otot postprandial pada tikus
22.  Peningkatan konsumsi lemak ibu saat hamil mengubah komposisi tubuh tikus baru lahir
23.  Tingkat protein PTX3 plasma berkorelasi terbalik dengan sekresi insulin dan obesitas, sementara ekspresi gen PTX3 jaringan adiposa viseral meningkat pada obesitas
24.  Disfungsi mitokondria dan resistensi insulin dari luar ke dalam: matriks ekstraseluler, sitoskeleton, dan mitokondria
25.  Motilin di luar motilitas perut: peran baru dalam regulasi metabolisme jaringan adiposa
26.  Motilin merangsang proliferasi dan diferensiasi preadiposit dan penyimpanan lemak adiposit
27.  Peningkatan adipositas pada reseptor androgen tergantung ikatan DNA tikus jantan knockout berasosiasi dengan menurunnya aktivitas sadar tapi tidak resistensi insulin
28.  Adaptasi normal pada latihan walaupun ada perlindungan terhadap stress oksidatif
29.  FATP4 berkontribusi sebagai enzim pada asupan asam lemak termediasi insulin dan basal dari sel otot C2C12
30.  Kopling sekresi-cAMP digagalkan dalam sel beta tikus GK/Par diabetik: gangguan dilawan oleh GLP-1
31.  Dampak diet asam lemak n-3 dan n-6 ibu pada asam lemak rantai sedang susu dan implikasinya bagi metabolisme hati neonatal
32.  Deiodinase iodotironin tipe II memberikan 3,5,3’-triiodotironin intrasel pada otot rangka tikus normal dan regenerasi
33.  Peran minor lipocalin 2 pada intoleransi glukosa diinduksi pola makan lemak tinggi