Monday, January 17, 2011

Kumpulan Skripsi: Mengapa Ia Tidak Boleh Dipakai Sama Sekali?

Skripsi adalah aktivitas menulis akademis penting mahasiswa yang melibatkan pengabdian pada sejumlah besar waktu dan usaha. Menentukan awal menulis skripsi merupakan tekanan pada waktu dan sumber daya energi mahasiswa.
Kumpulan skripsi mudah di akses lewat internet. Ia memberikan cara mudah menyingkirkan tekanan waktu dan energi pada mahasiswa lewat dengan cara memilih sebuah skripsi dari kumpulan skripsi. Hal ini pada gilirannya harus dibayar mahal.
Mengapa kumpulan skripsi tidak boleh digunakan sama sekali?
  • Skripsi dari sebuah kumpulan skripsi ditulis umumnya oleh mahasiswa dari universitas biasa.
  • Bahasa Indonesia yang digunakan dalam kumpulan skripsi kadang kala tidak sesuai dengan standar akademis. Mereka banyak memuat skripsi yang ditulis seadanya dan masih banyak kesalahan dalam penulisan.
  • Bahan dan sumber daya yang digunakan pada skripsi dari sebuah kumpulan skripsi tidaklah reliabel dan otentik.
  • Skripsi dari sebuah kumpulan skripsi umumnya berasal dari mahasiswa dengan nilai pas-pasan.
  • Skripsi dari kumpulan skripsi dapat diakses oleh banyak sekali mahasiswa. Hal ini memunculkan resiko adanya skripsi yang sama diajukan oleh beberapa mahasiswa sekaligus.
  • Pengalaman telah menunjukkan kalau menyalin isi dari sumber lain adalah praktek umum dalam skripsi dari kumpulan skripsi. Bukan hanya ini menghasilkan nilai yang rendah, ada potensi resiko tinggi ditolak karena menyontek. Hilangnya reputasi adalah bahaya yang berasosiasi dengan skripsi demikian. Impian untuk menjadi sarjana bisa lenyap seketika.
Inilah berbagai alasan mengapa kumpulan skripsi tidak boleh digunakan sama sekali.

No comments:

Post a Comment