Sunday, January 30, 2011

Skripsi Administrasi Negara

Kecenderungan dalam lulusan administrasi negara sekarang adalah banyaknya sarjana untuk memulai karirnya justru di sektor swasta bukannya negeri. Sebagian merasa terganggu dengan hal ini karena negara sangat memerlukan orang yang berkualifikasi untuk mengisi pekerjaan yang kosong. Yang lain terdorong karena ini menunjukkan kalau program studi administrasi negara menciptakan lulusan dengan keahlian yang bahkan dapat dimanfaatkan oleh sektor swasta.
Sebagai mahasiswa administrasi negara, apa artinya ini untuk anda (selain sebuah pasar kerja potensial baru) adalah anda punya aneka ragam topik skripsi administrasi negara yang menarik yang tersedia bagi anda yang sebelumnya tidak terbuka bagi mahasiswa administrasi negara di masa lalu. Tahun 1983, Donald A. Schön menulis dalam The Reflective Practitioner, “Saat seorang praktisi menjadi peneliti atas keinginan sendiri, ia terlibat dalam sebuah proses pendidikan mandiri yang berkelanjutan.”
Anda mungkin tidak memilih penelitian sebagai jalan karir anda dalam administrasi negara namun dengan skripsi administrasi negara yang kuat, anda akan memiliki pilihan tersebut. apakah fokus anda dalam administrasi legislatif atau eksekutif, anda punya sejumlah besar pilihan untuk skripsi administrasi negara anda.
Sebagian topik skripsi administrasi negara yang bagus antara lain:
  • Praktek Kepemimpinan
  • Menjalankan Lembaga Pendidikan
  • Kantor Auditing Kontemporer
  • Teknik Manajemen
  • Akuntabilitas Pemerintah
  • Anggaran
  • Pembuatan Keputusan Dinas Antar Pemerintah
  • Uang Bantuan atau Pinjaman Negara
  • Globalisasi, Pekerjaan dan Pengangguran
  • Politik Pembangunan Berkelanjutan
Tantangan
Salah satu tantangan terbesar saat meneliti skripsi administrasi negara adalah memastikan bahwa anda melakukan penelitian yang up to date. Hukum dan kebijakan serta administrator kunci di setiap bidang dan lembaga seringkali berfluktuasi. Agar yakin bahwa skripsi anda sepenuhnya terkini dan tidak lagi kadaluarsa melebihi apa yang disyaratkan, pastikan bahwa anda memeriksa semua sumber, nama, tanggal, hukum dan peraturan yang mengatur topik administrasi negara anda. Kecuali bila anda menulis teori murni atau aspek historis administrasi negara, argumen dan pertanyaan anda akan tidak relevan dari awalnya bila, misalnya, hukum atau praktek yang anda pertanyakan telah diganti dengan versi yang lebih baru.
Manfaat
Kompetisi dari posisi puncak administrasi negara (atau swasta) itu keras. Skripsi sarjana administrasi negara anda harus merupakan titik jual paling berharga anda saat anda melangkah menuju wawancara kerja. Bila anda tahu arah mana yang anda ingin tempuh untuk karir anda setelah lulus, anda harus bekerja baik untuk memakai skripsi anda sebagai cara meneliti pekerjaan tersebut.
Sebagai contoh, bila pegawai dinas pendidikan menjadi tujuan kerja anda, berfokuslah pada keahlian manajemen yang berhasil atau penting yang dapat memberikan manfaat kepada dinas pendidikan. Hal ini akan sangat membantu anda. Anda akan melakukan setumpuk penelitian mengenai subjek ini yang akan memperluas pengetahuan anda melebihi yang diajarkan di kampus, dan memberi pengetahuan penting mengenai pekerjaan yang akan anda lakukan nantinya. Bila kebetulan anda ditempatkan di daerah yang memang anda inginkan, beberapa wawancara dengan ‘orang penting’ di tingkat daerah dalam jajaran dinas pendidikan tidak akan merugikan dan justru membuat hubungan yang akan berguna bagi anda nantinya.
Gunakan topik skripsi dan penelitian administrasi negara anda untuk meningkatkan karir anda dan meletakkan diri anda di bagian paling diinginkan di pasar kerja pegawai setelah lulus.

No comments:

Post a Comment