Tuesday, March 29, 2011

Judul Skripsi

Judul skripsi adalah bagian yang sangat penting dari semua dokumen skripsi, karena ia memperkenalkan pembaca pada sifat skripsi. Banyak pembimbing menyarankan mahasiswanya membuat judul skripsinya hanya setelah selesai menulis skripsi mereka sehingga mereka dapat memastikan kalau judulnya mencerminkan isi skripsi secara akurat. Pembimbing lain menyarankan mahasiswa memulai seluruh skripsi dengan judul skripsi dan menggunakan judul tersebut sebagai metode mengarahkan isi skripsi.
Untuk memahami sifat judul skripsi, penting memahami apa itu skripsi secara umum. Sebuah skripsi adalah karya tertulis seorang mahasiswa yang akan diciptakan setelah meneliti subjek tertentu secara mendalam. Sebagian besar mahasiswa menghabiskan satu semester hanya untuk mengerjakan skripsinya. Skripsi juga menjadi dokumen yang membantu mahasiswa lulus atau dipersyaratkan untuk lulus.
Judul skripsi penting karena mereka ada di awal setiap skripsi dan memperkenalkan pembaca pada materi subjek skripsi. Dalam banyak kasus, judul skripsi harus berada di sudut kanan atas setiap halaman skripsi untuk menjaga penjilidan terlalu jauh dan harus menyusun ulang skripsi.
Beberapa pembimbing meminta judul skripsi yang deskriptif. Dalam kasus demikian, judul skripsi harus terdiri dari banyak kata atau baris, termasuk judul utama dan sub judul. Pembimbing lain hanya menginginkan judul skripsi yang sederhana dan mudah dibaca. Mahasiswa dapat membahas pilihan judul skripsi dengan pembimbingnya sebelum mengerjakan judul skripsinya sendiri.
Sama halnya dengan makalah skripsi, judul skripsi sering harus diedit agar akurat dan konsisten. Dalam beberapa kasus, mahasiswa dapat menghabiskan berhari-hari hanya untuk memutuskan satu judul skripsi yang sesuai. Dalam kasus demikian, mahasiswa dapat melakukan survey untuk memutuskan judul mana yang paling menarik bagi pembaca.
Sementara judul skripsi menjelaskan isi skripsi, judul skripsi berbeda dengan topik skripsi. Tentu saja, judul skripsi dapat memberi petunjuk topik skripsi, namun topik skripsi adalah gagasan atau himpunan gagasan yang luas yang menjadi dasar penulisan skripsi. Judul skripsi tidak perlu merangkum topik skripsi, namun ia memuat topik skripsi sehingga pembaca tahu kalau skripsinya berhubungan dengan topik.


No comments:

Post a Comment