Saturday, May 21, 2011

Program Studi Skripsi

Mencari beberapa ide mengenai program studi skripsi yang menarik? Rangkuman kami menyediakan tinjauan dasar disiplin akademis yang sering menantang dalam penulisan skripsi. Cukup normal kalau beberapa program studi menarik lebih banyak perhatian dari yang lain. Walau begitu, alasannya bisa beragam dari topik hingga kelimpahan bahan penelitian yang tersedia.
Humaniora
Ada banyak disiplin akademis dalam divisi humaniora. Ketika kita berhadapan dengan subjek ini, penekanan utamanya terletak pada penafsiran hasil bukannya evaluasi objektif. Karenanya, pendekatan yang diambil dalam skripsi humaniora berbeda dari program studi lainnya.
Sejarah adalah salah satu program studi humaniora. Sebuah skripsi sejarah dapat berurusan dengan berbagai bangsa, ilmu, seni, agama dan sejarah dunia. Pendekatan dalam skripsi sejarah umumnya dibagi menjadi sinkronik dan diakronik.
Aspek-aspek bahasa dapat dipelajari pada cabang linguistik. Cabang-cabang ini antara lain semantik, morfologi, fonetik, etimologi, sosiolinguistik, pragmatik, dsb. Ketika menulis skripsi bahasa, kita harus menggunakan berbagai penelitian akademis, namun satu hal yang menyatukannya adalah topikalitas penemuan. Tentu saja hal ini hanya relevan bila kita tidak mempelajari bahasa klasik. Walau begitu, bahasa modern adalah subjek perubahan yang konstan; karenanya setiap hasil harus sejalan dengan situasi kehidupan nyata.
Skripsi seni visual dan pertunjukan mendapatkan popularitas di masa kini. Bila ini program studi anda, anda harus tahu kalau bidang ini mencakup film, teater, musik, lukisan, seni kreatif dan bahkan hal mutakhir seperti administrasi seni dan percakapan seni. Walaupun dalam seni semua terkait subjektivitas dan persepsi pribadi, skripsi seni harus dibuat dengan mempertimbangan penelitian dan publikasi sebelumnya mengenai subjek tersebut.
Skripsi filsafat atau agama cukup menarik namun menantang untuk dikerjakan. Hanya orang dengan latar belakang yang cukup dan mampu menganalisa informasi yang sangat luas serta bermanuver dalam banyak alegori dan alusi dapat menyelesaikan skripsi seperti ini.
Ilmu Sosial
Ini adalah disiplin yang mempelajari masyarakat manusia dalam semua keragaman dan perilakunya. Kita hanya akan membahas beberapa yang paling terkenal.
Antropologi meneliti pertanyaan asal usul manusia dan menggunakan berbagai tahapan berbeda dalam evolusinya. Mungkin salah satu ilmu terapan antropologi yang paling berguna dalam kehidupan nyata adalah antropologi forensik. Metode-metodenya digunakan dalam menganalisa bukti dan memecahkan kasus kriminal.
Arkeologi adalah bidang studi yang menyenangkan bagi banyak mahasiswa karena walaupun sudah banyak yang ditemukan, tetap selalu ada saja yang dapat diselidiki. Ia berhadapan dengan masyarakat dan artefak masa lalu yang masih bertahan. Arkeologi maritim adalah salah satu cabang baru yang ilmu ini.
Psikologi adalah salah satu ilmu sosial pula. Skripsi psikologi dapat membahas apa saja dari ajaran Freud dan Jung hingga trend alternatif modern dalam psikologi.
Ilmu politik adalah subjek yang sangat populer untuk dipelajari sekarang. Skripsi ilmu politik membahas berbagai sistem politik dari berbagai negara dan zaman. Topik-topik ilmu politik mulai dari kerajaan China, Renaisans, monarki absolut Perancis, totalitarianisme Rusia, dsb.
Ilmu Formal dan Alam
Ada banyak sekali disiplin ilmu dalam relung ini. Semuanya sangat rumit dan memerlukan kecerdasan tinggi untuk diselesaikan.
Bila anda ingin menulis skripsi program studi matematika, berpikirlah dua kali kecuali anda sangat cerdas. Ilmu ini telah mencapai puncaknya sehingga berdasarkan teori probabilitas, sudah tidak ada lagi yang spesial disana. Apa lagi yang diharapkan bila integral, diferensial dan himpunan telah dipelajari di SMA sekarang?
Untuk skripsi fisika, anda harus sepenuhnya menyelidiki secara mendalam pencapaian-pencapaian dari salah satu sarjana paling terkenal seperti Albert Einstein. Saat ini bidang yang paling ramai diteliti dalam fisika adalah fisika kuantum dan nuklir, yang pada gilirannya membahas pertanyaan-pertanyaan puncak seperti yang berkaitan dengan asal usul Alam Semesta.
Ilmu komputer sangat dibutuhkan saat ini. Sibernetika lebih cepat lagi. Spesialis dalam bidang ini dicari oleh banyak perusahaan. Karenanya, skripsi ilmu komputer akan memastikan lapangan kerja, namun memerlukan otak yang cerdas dan kerja keras.
Ilmu Terapan
Disiplin ini sangat praktis sehingga semua penemuan dan hasil penelitian diterapkan untuk memecahkan masalah kehidupan nyata. Bagian teoritis dari skripsi ini relatif singkat, sementara sebagian besar skripsi didedikasikan pada eksperimen dan penyelidikan. Jurnalisme, bisnis, hukum, pendidikan, kedokteran dan teknik hanyalah beberapa bidang dari berbagai bidang ilmu terapan. Orang yang berbakat praktis dapat berhasil dalam bidang ini. Selain itu, penulisan skripsinya juga tidak terlalu rumit.


No comments:

Post a Comment