Friday, January 27, 2012

Abstrak

Skripsi atau wacana detail adalah sebuah dokumen yang menyajikan temuan dan penelitian pengarang terkait dengan suatu bidang dan diserahkan untuk memperoleh gelar atau kualifikasi profesi. Pemikiran atau teori skripsi seseorang menjelaskan apa yang akan ia tulis dalam skripsinya. Ia halus ditulis sedemikian hingga pembaca tertarik membaca dan juga mendorong keseluruhan skripsi. Minat yang muncul dalam pikiran seseorang tentang skripsinya sangat penting sehingga ia harus dituangkan dalam bentuk gagasan. Atas dasar ini, penting untuk mempunyai abstrak skripsi yang sempurna, dan harus ditulis sebagaimana ia mesti ditulis dan sesuai dengan yang diminta dosen pembimbing.
Banyak orang berjuang menulis abstrak yang baik karena mereka tahu kalau abstrak yang buruk akan merusak skripsinya secara keseluruhan. Bahkan jika seluruh skripsinya sempurna, perbedaan dalam mutu abstrak akan memalingkan pikiran pembaca dari seluruh isi skripsi. Karenanya anda harus berusaha maksimum untuk menulis abstrak skripsi yang baik sehingga hasilnya dapat mendorong dan memberikan saran pada pembaca untuk membaca skripsi.
Hal-hal berikut harus dipertimbangkan saat menulis abstrak skripsi:
• SPESIFIK
Sebuah abstrak skripsi yang bagus harus tepat sasaran dan spesifik. Ia tidak boleh terlalu panjang sehingga membosankan pembaca. Dua atau dua setengah halaman skripsi dipandang telah cukup baik. Jika dapat ditulis dalam satu halaman saja malah lebih baik lagi. Namun ini tugas yang sulit bagi mahasiswa karena temuan dan penelitian mereka terlalu rumit dan merangkumnya dalam 1 atau 2 halaman tidaklah mudah. Jadi mereka harus mencoba membatasi jumlah halaman minimum untuk menarik perhatian pembaca ke abstrak tersebut.
• MASUKKAN SEMUA ISI
Sebuah abstrak yang bagus harus mencakup semua isi penting dari temuan dan penelitian skripsi. Terpisah dari itu, ia harus dibingkai dengan benar secara preskriptif dan harus seluas mungkin. Walaupun itu sulit karena berbagai kompleksitas dalam penelitian dan temuan, ia dapat diringkas dengan kalimat yang jelas dan komprehensif.
• HANYA MEMBAHAS TOPIK YANG RELEVAN
Walaupun penting untuk memasukkan setiap masalah penelitian dan temuan anda dalam abstrak namun anda harus mencoba membatasi isi atau materi yang tidak relevan dengan abstrak atau yang memberikan kesan buruk bagi pembaca.
• SEBUTKAN ISTILAH-ISTILAH KUNCI
Saat menulis abstrak skripsi yang baik, istilah kunci harus digarisbawahi atau disorot dan makna/referensinya harus dijelaskan/diberikan pada bagian bawah halaman. Hal ini membantu pembaca memahami abstrak dengan lebih jelas dan juga memberi kesan yang baik bagi mereka.
Dari penjabaran di atas kita menyimpulkan kalau abstrak skripsi semata rangkuman singkat hasil penelitian dan temuan skripsi seseorang. Dengan merangkum hasil penelitian, pembaca dapat memperoleh gagasan mengenai apa pencapaian yang diperoleh tanpa membaca seluruh skripsi. Ia juga membantu berbagai mahasiwa atau peneliti karena dapat memberi mereka gagasan setelah membaca abstrak untuk menulis skripsi dengan tema sejenis atau semata menjadikannya referensi.



No comments:

Post a Comment