Sunday, January 2, 2011

Menulis Skripsi Komunikasi

Menulis skripsi komunikasi cukup berbeda dengan menulis skripsi dalam bidang lain seperti skripsi manajemen atau skripsi perencanaan wilayah dan kota. Menulis skripsi sendiri adalah mengkomunikasikan gagasan dan pengetahuan. Secara normal, pembaca skripsi komunikasi memiliki pengetahuan mengenai teori-teori komunikasi. Karenanya mahasiswa yang menulis skripsi komunikasi harus tahu dan menerapkan teknik, teori dan pengalamannya sendiri yang berhubungan dengan komunikasi yang efektif. Komunikasi adalah bidang keilmuan yang luas dan memiliki banyak cabang. Kata ‘komunikasi’ juga digunakan dalam banyak konteks. Salah satu definisi yang paling sering digunakan adalah proses pertukaran informasi. Seperti bidang pengetahuan lainnya, studi komunikasi memeriksa apa, bagaimana, siapa, kapan dan dimana terjadinya pertukaran informasi.
Topik Skripsi Komunikasi
Pertukaran informasi dapat terjadi dalam berbagai cara. Ekspresi wajah atau perilaku dapat digunakan untuk bertukar informasi atau berkomunikasi. Metode lain yang lebih memuaskan adalah bentuk lisan, tulisan dan grafis. Lalu bagaimana informasi dikirimkan juga menjadi subjek penelitian dalam bidang keilmuan yang luas pada skripsi komunikasi. Ia dapat berupa telepon, media cetak, radio, televisi, atau internet. Studi proses komunikasi melibatkan tiga unsur utama, yaitu sumber, saluran dan penerima. Studi dan pengembangan saluran umumnya dilakukan oleh insinyur komunikasi. Bidang ini disebut Teknologi Komunikasi. Cara mempersiapkan apa yang harus dikirimkan di sumber dipelajari dalam komunikasi media massa. Terbukti bahwa menemukan topik skripsi untuk skripsi komunikasi sendiri merupakan tugas yang cukup sulit. Berikut beberapa topik skripsi komunikasi untuk menunjukkan keanekaragaman topik yang tersedia.
  • Propaganda yang dilakukan pada anak yang hidup di masa Orde Baru
  • Hukum Hak Cipta di Internet
  • Kultus Kepribadian dalam Kepribadian Media
  • Metode komunikasi meningkatkan kesadaran dan keanekaragaman budaya: Memahami dimana celah dalam kesadaran budaya yang masih bertahan
  • Pengaruh Media pada Pola Konsumsi Masyarakat
  • Studi longitudinal pada iklan di waktu utama: Fokus tujuan pemasaran untuk mencapai pasar yang lebih muda saat siaran televisi waktu utama.
Melakukan Penelitian
Setelah bidang studi dan topik skripsi dipilih, rencana skripsi harus dibuat. Rencana ini harus menunjukkan tanggal mulai dan berakhirnya berbagai tugas. Setelah rencana dibuat, kita harus mengikuti rencana tersebut. Harus ada alokasi waktu yang cukup untuk tiap tugas. Waktu yang sesuai juga harus dialokasikan untuk penelitian. Penelitian itu sendiri dapat berbentuk survey. Bila skripsi membahas topik dari Teknologi Komunikasi atau Teknik Komunikasi, eksperimen laboratorium harusnya menjadi bagian utama skripsi. Ketersediaan sumber penelitian yang banyak juga perlu. Data yang dikumpulkan dalam survey harus ditabulasikan untuk memudahkan analisa.
Menulis Laporan Skripsi
Penulisan skripsi harus mengikuti gaya penulisan tertentu, baik diwajibkan oleh jurusan atau anda sendiri yang memilihnya. Skripsi harus ditulis dengan struktur yang diterima. Berikut adalah bagian-bagian utama sebuah skripsi.
  • Abstrak Skripsi
  • Pendahuluan dan Latar Belakang
  • Bagian Eksperimental
  • Hasil
  • Pembahasan
  • Kesimpulan
  • Daftar Pustaka
Menulis Skripsi Komunikasi itu Sulit
Memang benar kalau menulis skripsi komunikasi bukanlah hal mudah. Namun jika anda memberikan cukup waktu, mencari bantuan saat dibutuhkan, dan bila anda memilih topik yang bagus dan pembimbing yang baik, anda dapat mengatasi banyak masalah yang dapat menghadang saat menulis skripsi. Bila anda merasa kalau anda membutuhkan bantuan skripsi, anda selalu mendapatkannya dari jasa penulisan skripsi.

No comments:

Post a Comment