Thursday, February 3, 2011

Mutu Skripsi Indonesia dilihat dari Indeks Investasi Pendidikan

Dalam membuat skripsi, kita tentu melakukan investasi, baik itu investasi tenaga, waktu maupun uang. Kita tidak ragu berinvestasi dalam jumlah besar bila kita sadar bahwa skripsi kita penting untuk masa depan kita.
Dilihat secara global, kita tentu berharap bahwa investasi total di bidang pendidikan di negara kita sangat tinggi. Dengan demikian pemerintah maupun swasta menunjukkan pentingnya pendidikan bagi masa depan bangsa. Untuk melihat seberapa besar nilai investasi pendidikan di negara kita, kita dapat membandingkannya dengan negara lain. Global Innovation Index 2009-2010 telah diterbitkan dan menunjukkan hasil survey di 132 negara mengenai faktor-faktor inovasi. Salah satu faktor ini adalah investasi di bidang pendidikan. Tabel berikut akan menunjukkan peringkat lima besar investasi pendidikan di Dunia, Asia dan Asia Tenggara. Mari kita lihat dimana posisi Indonesia.
Negara
Ranking Asia Tenggara
Ranking Asia
Ranking Dunia
Denmark
-
-
1
Lesotho
-
-
2
Swedia
-
-
3
Islandia
-
-
4
Norwegia
-
-
5
Taiwan
-
1
6
Qatar
-
2
8
Saudi Arabia
-
3
11
Uni Emirat Arab
-
4
15
Malaysia
1
5
19
Singapura
2
9
43
Thailand
3
11
53
Brunei Darussalam
4
18
71
Vietnam
5
20
88
Indonesia
8
27
117
Dapat anda lihat, Indonesia bahkan tidak masuk lima besar di tingkat Asia Tenggara. Dari 11 negara di Asia Tenggara, indeks investasi pendidikan kita di urutan ke-8. Urutan ke 6 ditempati Timor Leste, dan ke-7 ditempati Filipina. Ini berarti kita tidak memandang penting pendidikan sebagai modal dasar kita untuk masa depan. Kita jauh tertinggal bahkan dari Malaysia yang ada di urutan 19 dunia, dibanding kita yang hanya urutan 117 dari 132 negara.
Gambaran menyedihkan bidang pendidikan di Indonesia ini sebenarnya dapat menjadi sebuah keuntungan bagi anda. Bila anda memiliki mental seperti masyarakat Eropa Utara seperti Denmark, anda tidak segan-segan mendapatkan yang terbaik untuk pendidikan anda. Kami PakarSkripsi.blogspot.com menyediakan skripsi yang terbaik. Dan kami adalah investasi terbaik anda dalam pendidikan anda. Bila anda kesulitan dalam skripsi anda, anda bisa menggunakan jasa kami. Pendidikan itu penting dan jangan sia-siakan kesempatan anda. Hubungi kami di pakarskripsi@yahoo.com

No comments:

Post a Comment